Rabu, 06 Januari 2016

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Jaringan komputer dalam sejarahnya di tahun 1950-an diciptakan sebuah metode yang menjadi konsep dari penerapan jaringan komputer yakni TSS (Time Sharing System) dimana TSS ini bekerja dengan proses berdasakan waktu, kemudian dari TSS dikembangkan lagi konsep baru yakni Proses Distribusi ( Distributed Processing ) konsep ini bekerja berdasarkan proses distribusi paket dan waktu kemudian dengan menurunnya harga komputer kecil dan makin matangnya konsep Proses Distribusi, maka dikembangkanlah satu model yang menjadi cikal bakal dari jenis-jenis  jaringan yang saat ini ada yakni Peer to Peer System dan telah mengalami perkembangan yang sangat pesat, hingga sekitar di tahun 2002 telah dikembangkan satu teknologi yang dapat dijadikan alternatif dalam memperluas dan mengembangkan jangkauan jaringan yang kita miliki, berikut jenis-jenis jaringan komputer yang telah ada :
1. Local Area Network (LAN)
lanadalah sebuah jaringan yang berbasis lokal / pribadi, yaitu sekumpulan komponen-komponen komputer yang dihubungkan satu dengan yang lainnya sehingga saling terhubung dan terkoneksi dan membentuk jaringan sehingga dapat berbagi pakai (share) periferal, data dan informasi dengan jarak jangkauan menggunakan media kabel maksimal 100 meter, dimana infrastrukturnya dapat dirancang oleh orang yang ingin membangunnya.
karakteristik LAN sebagai berikut :
  •  Jangkauan / jarak : 1 ruang / instansi atau maks. 100 m
  • Bandwidth : 10/100 Mbps sampai 1 Gbps
  • Media : Kabel UTP, COAXIAL dan Wireless (2,4Ghz)
  • Ip Address : Private
  • Topologi : Model STAR
2. Metropolitan Area Netwrok (MAN)
Merupakan jaringan yang berskala lebih besar dari LAN, dimana sudah terdapat penggabungan beberapa teknologi jaringan dan topologi serta jangkauan areanya hingga 10 – 50 KM dengan menggunakan media kabel seperti antar kota dan provinsi serta infrastrukturnya masih dapat dirancang sendiri.
karakteristik MAN sebagai berikut :
  • Jangkauan / jarak : kabupaten, kecamatan, kota dan provinsi atau maks. 10 – 50 k m
  • Bandwidth : 56 Kbps sampai 1 Mbps
  • Media : Fiber Optic, Wireless, microwave / satelit
  • Ip Address : Private
  • Topologi : Model BUS
3. Wide Are Network (WAN)
Merupakan jaringan yang berskala sangat besar dengan cakupan arean geografis yang sangat luas, yakni sekumpulan jaringan LAN yang saling dihubungkan satu dengan yang lainnya sehingga saling tehubung dan terkoneksi ke jaringan INTERNET sehingga membentuk jaringan raksasa mendunia (WAN) dengan jangkauan area antar negara, benua bahkan antar planet dimana infrastrukturnya hanya dapat disewa dari service provider (ISP).
karakteristik MAN sebagai berikut :
  • Jangkauan / jarak : negara, benua dan planet
  • Bandwidth : 5 Kbps sampai 512 Kbps
  • Media : Fiber Optic, Wireless, microwave / satelit
  • Ip Address : Public
  • Topologi : Irreguler
4. INTERNET
merupakan kumpulan berbagai jenis teknologi, protocol dan topologi serta layanan jaringan seperti web, mail, ftp, dns, dll untuk saling terhubung dn terkoneksi antara satu jaringan atau komputer dengan jaringan atau komputer yang lain melalui layanan ISP. Internet singkatan dari international networking atau jaringan berbasis internasional.
5. Wireless
merupakan salah satu teknologi jaringan yang mampu menghubungkan berbagai perangkat komputer sehingga membentuk sebuah jaringan dengan menggunakan signal-signal frekuensi tertentu untuk saling bertukar informasi dan data, jaringan ini biasa juga disebut sebagai jaringan nirkabel (jaringan tanpa kabel).
wireless dapat diimplementasikan kedalam jaringan LAN, MAN maupun WAN begitu juga dengan INTERNET, sehingga antara keempat jaringan diatas sudah tidak dapat dibedakan lagi hanya dengan jarak jangkauan perjaringan.
6. WiMax
adalah teknologi tercanggin dan terbaru saat ini (2012), yang merupakan teknologi jaringan masa depan, dimana WiMaX merupakan pengembangan dari Wireless dengan meningkatkan jarak jangkauan dan beberapa kemampuan yang tidak dimiliki pada wileress. untuk info dapat mengakses http://id.wikipedia.org/wiki/WiMAX

Tidak ada komentar:

Posting Komentar